Sabtu, 02 Juli 2016

Misa Pengikraran Kaul Pertama Sr. Norbertine, OP dan Sr. Lutgardis, OP

Sr. Norbertine menerima buku Konstitusi Kongregasi dari Sr. Anna Marie, OP
“Saya Suster Maria Norbertine L. Napitu OP, mengucapkan kaul dan berjanji akan taat kepada Tuhan, kepada St. Perawan Maria, kepada St. Dominikus kepada Suster Anna Marie Dwiyanti Suprihastuti selaku pemimpin Kongregasi Suster-suster Santo Dominikus di Indonesia dan para penggantinya sesuai dengan Regula Santo Agustinus dan Konstitusi Kongregasi ini. Saya mau hidup sebagai perawan Kristus yang bersikap taat dan miskin seperti Kristus untuk jangka waktu satu tahun.”

Ikrar yang sama juga diucapkan dengan hikmat oleh Suster Maria Lutgardis Febi Tri Wardani, OP dalam misa pengikraran kaul pertama yang diadakan di Kapel Novisiat Suster-suster Santo Dominikus, di Baciro, Yogyakarta, Sabtu (2/7). Setelah mengucapkan ikrar, kedua suster menerima Cincin, Salib dan Buku Konstitusi Kongregasi dari Pemimpin Kongregasi Suster-suster St. Dominikus, Sr. Anna Marie, OP.

Misa yang dihadiri tak kurang dari 100 umat yang terdiri dari para Suster-suster Santo Dominikus, keluarga kedua suster yang mengucapkan kaul pertama, para bruder, frater, romo dan beberapa Dominikan Awam Yogyakarta ini dipimpin oleh Rm. Aloysius Purwa Hadiwardoyo, MSF dan Rm. St. Eko Riyadi, Pr.

Dalam homilinya, Rm. Aloysius Purwa Hadiwardoyo, MSF mengingatkan bahwa Tuhan sendirilah yang memanggil para suster untuk hidup membiara. “Karena Tuhan yang memanggil, maka tugas kita adalah mengikuti yang memanggil. Rahmat dan karunia Tuhan yang akan menjadi senjata. Dari segi manusia memang sulit untuk hidup menjadi suster, bruder atau pastor. Tetapi Tuhan yang akan menjamin sehingga tak perlu merasa kuatir. Tuhan akan memberikan pertolongan.“ Rm. Aloysius Purwa juga mengingatkan kembali tentang makna kaul yang diucapkan dan dijalani oleh para biarawan dan biarawati yakni kaul kemiskinan, kaul ketaatan dan kaul selibat.

Sebelum misa ditutup, Sr. Anna Marie, OP selaku pemimpin kongregasi menyampaikan terimakasih kepada perwakilan keluarga yang telah menyerahkan puteri-puterinya untuk dididik dalam kongregasi Suster-suster Santo Dominikus. Dalam kesempatan yang sama, beliau juga mengumumkan penugasan pertama bagi kedua suster yang baru saja mengikrarkan kaul pertama. Sr. Lutgardis, OP ditugaskan ke Biara Santa Maria Suster-suster Santo Dominikus di Cimahi, sedangkan Sr. Norbertine, OP diutus ke Biara Suster-suster Santo Dominikus di Lenteng Agung, Jakarta. 

“Ikrar kaul pertama kedua suster ini menjadi terasa lebih istimewa karena bertepatan dengan peringatan Yubileum 800 tahun Ordo Dominikan. Kedua suster ini telah diteguhkan dan dikuatkan dalam perutusan setiap hari dengan dua berkat yang juga menjadi bekal bagi seluruh ordo yakni berkat Dominikan yang didoakan setiap hari dan berkat ekaristi,“ kata Sr. Anna Marie, OP mengakhiri sambutannya. (pj)

0 comments:

Posting Komentar