Minggu, 19 Juni 2016

Rekoleksi Sehari Dominikan Awam Yogyakarta

Komitmen dan Kesetiaan itulah tema yang diambil dalam rekoleksi sehari yang diadakan bagi para anggota Dominikan Awam Yogyakarta, Jumat (17/6). Dengan diikuti sebanyak 14 peserta dan dipandu oleh Sr. Dominika, OP, acara berlangsung dari pagi pukul 9 hingga malam pukul 8 bertempat di Griya Notoharsono, Turi, Sleman.

Acara rutin yang diadakan setiap setahun sekali menjelang ikrar/janji setia ini biasanya digelar selama 3 hari. Namun untuk mengurangi beban anggaran karena tahun ini ada acara Retret Nasional Dominikan Awam di wilayah Yogyakarta yang diadakan pada bulan September mendatang, maka rekoleksi diadakan sehari tanpa mengurangi nilai-nilai rekoleksi.

Koordinator Dominikan Awan Yogyakarta, RB Adi Ismawan, OP mengatakan, “Tujuan acara rekoleksi ini adalah persiapan bagi anggota Dominikan Awam (DA) yang akan diterima menjadi anggota baru sebagai postulan, novis dan pengulangan janji setia bagi 7 anggota kaul kekal tanggal 29 Juni mendatang. Diharapkan kita diingatkan kembali akan tugas-tugas sebagai DA dan semakin memaknai hidup sebagai anggota sesuai ketentuan AD/ART Ordo Dominikan.”

Dalam presentasinya Sr. Dominika, OP menegaskan, “Kita harus memahami prioritas kewajiban sebagai anggota komunitas Dominikan Awam terlebih bagi anggota yang sudah mengikarkan janji setia. Karena tugas dalam komunitas DA sesungguhnya berada di bawah Sakramen sehingga seharusnya menjadi prioritas yang lebih diutamakan dari tugas pelayanan lainnya di gereja dan lingkungan.” Beliau juga menjelaskan, “Karena di bawah Sakramen maka tugas komunitas DA dapat ditinggalkan jika hal-hal terkait Sakramen harus dilakukan semisal harus merawat suami/istri yang sakit.”

Anggota komunitas DA juga diingatkan bahwa titik awal ketaatan sejati bagi seorang anggota Dominikan Awam adalah dengan mendengarkan. Dalam mendengarkan dibutuhkan semangat untuk mengosongkan diri dari ego dan menyangkal diri, memiliki semangat miskin dan haus akan apa yang disampaikan.

Banyak privilesi yang didapatkan sebagai Dominikan Awam, hal ini sudah semestinya menjadi pemicu semangat tersendiri bagi setiap anggotanya. Sungguh begitu istimewa menjadi anggota Dominikan Awam karena mendapatkan privilesi dari Ordo Dominikan. Untuk itu anggota harus memiliki komitmen dan kesetiaan yang tangguh agar privilesi itu tidak hilang. Tidak hanya aktif di kegiatan DA tapi tentunya harus dapat meningkatkan kualitas hidup para anggotanya.

Saat ini anggota Dominikan Awam Yogyakarta berjumlah 15 orang, terdiri dari 3 aspiran, 5 kaul sementara dan 7 kaul kekal. Sebagai penutup RB Adi Ismawan, OP berharap, “Semoga dengan rekoleksi ini kita semakin mengkristal dalam semangat Dominikan Awam.” (alx)

3 komentar:

  1. Adi...kristin...halim...sian...sr Dominika...sr Natalia..sr Elisabeth...aku sangat merindukan kalian semua...
    Salam dan doaku Pasutri Kris - Tin
    Serpong, Tangerang Selatan

    BalasHapus
  2. Hallo teman2....Halim OP Sian OP Adi OP Kristin OP Topo Ipung Endang..sr Natalia OP.sr Dominika OP..sr Elisabet OP...sr Anna Mari OP..
    Apa kbr...aku sangat merindukan kalian semua...

    BalasHapus
  3. Halo ibu Tina, apa kabar..? Salam kami dari DA Yogya utk keluarga..

    BalasHapus