Sabtu, 20 Januari 2018

Persaudaraan DAY Resmi Menjadi Chapter St. Martin de Porres

Mrs. Belen L. Tangco (Koord Dominikan Awam Asia-Pasifik), Rm. Adolfus Suratmo A, Pr (Romo Kepala Paroki Baciro), Rm. Arsciwals,OP (Promotor Dominikan Awam Provinsi Filipina), Bp. Adi Ismawan,OP (Koord Dominikan Awam Yogyakarta, Rm. Andreas Kurniawan,OP (Promotor Dominikan Awam Indonesia, Bp. Theo Atmadi,OP (Koord Dominikan Awam Indonesia)
Dominikan Awam Yogyakarta (DAY) baru saja melalui tahapan penting dalam perkembangannya. Rabu, 17/1/2018 persaudaraan DAY dikukuhkan sebagai Chapter St. Martin de Porres dan resmi menjadi bagian dari Ordo Pewarta dalam sebuah perayaan Ekaristi yang bertempat di Novisiat Suster-suster Santo Dominikus (OP) di Jl. Melati Wetan Yogyakarta. Misa peneguhan ini dipimpin oleh Rm. Giuseppe Pietro Arsciwals, OP (Promotor Dominikan Awam Provinsi Filipina), Rm. Andreas Kurniawan, OP (Promotor Dominikan Awam Indonesia) dan Rm. Adolfus Suratmo, Pr (Romo Kepala Paroki Kristus Raja Baciro).

Perayaan Ekaristi yang penuh makna ini juga dihadiri oleh Mrs. Belen L. Tangco, OP (Koordinator Dominikan Awam Asia-Pasifik), Sr. Anna Marie, OP (Pimpinan Kongregrasi Suster-suster St. Dominikus di Indonesia) dan Bp. Theophilus Atmadi, OP (Koordinator Dominikan Awam Indonesia), belasan anggota Dominikan Awam Yogyakarta, Suster-suster OP dan tamu undangan, serta umat dari lingkungan paroki Baciro. 

Foto bersama romo, suster, anggota Dominikan Awam Yogyakarta.
Persaudaraan Dominikan Awam Chapter St. Martin de Porres Yogyakarta merupakan bagian dari Keluarga Ordo Dominikan (Familia Dominicana). Familia Dominicana terdiri atas Imam & Bruder, Suster-suster kontemplatif aktif, Suster-suster kontemplatif & Persaudaraan Dominikan Awam. Persaudaraan Dominikan Awam adalah kumpulan umat Katolik yang beriman dan berpartisipasi dalam hidup kerohanian dan kerasulan Ordo Dominikan/Ordo Pewarta/Ordo Praedicatorum/Order of Preachers (OP), sesuai Anggaran Dasar yang telah disetujui Gereja. 
Tujuan hidup mereka tak lain untuk mencapai kesempurnaan hidup Kristiani. Persaudaraan Dominikan Awam Yogyakarta beranggotakan pria maupun wanita awam, lajang, atau menikah yang hidup sebagai pertanda dunia. Panggilan hidup mereka terutama sebagai anggota ordo religius yang berwawasan universal (J. Rubba OP, Ordo ketiga Santo Dominikus).

Menjadi anggota Dominikan Awam ibarat belajar mencapai kesempurnaan hidup, bahkan mencapai kesucian. Banyak orang dari berbagai bangsa dan berbagai macam cara hidup. Diantaranya, yang dapat disebut adalah: St. Katarina dari Siena (+1380), St. Rosa de Lima (+1617), Bl. Bartolomeo Longo (+1926), Louise de Borja (+1560), G. Picco della Mirandola (+1494) dan masih banyak lainnya. Menjadi Dominikan Awam tidak memiliki tuntutan yang berat. Cukup apabila mereka pemeluk agama Katolik praktis, saleh, bijaksana, rajin berdoa, pecinta liturgi, setia kepada gereja dan Bapa Paus, menyadari besarnya panggilan mereka dan berusaha menekuninya selama hidup. 

Adapun manfaat menjadi anggota Dominikan Awam antara lain berbagi dalam doa, silih dan perbuatan baik diantara semua anggota cabang keluarga Ordo Dominikan, berkembang dalam kesucian melalui cara hidup yang amat dianjurkan gereja dan telah terbukti efektif, karena sudah dijalani banyak pria dan wanita yang sekarang berada diantara para orang suci dan Santo-santa, dan mengalami kesetiakawanan keluarga besar Ordo yang mendunia di dalam Gereja. 

Sesudah berproses selama tujuh tahun akhirnya Persaudaraan Dominikan Awam Yogyakarta mendapat pengesahan resmi dari Ordo sebagai Chapter mandiri di Yogyakarta. Pada proses pengesahan dibutuhkan beberapa dokumen dan surat rekomendasi atau endorsment letter dari Pastor Kepala Paroki (Baciro) dan Keuskupan (Keuskupan Agung Semarang). 

Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Uskup Keuskupan Agung Semarang (2/12/2017), berpesan agar nantinya Chapter Dominikan Awam Yogyakarta memiliki bentuk kekhasan dalam karya kerasulan yang memperhatikan kaum kecil, lemah, tersingkir dan difabel (KLMTD). 

Sr. Krisansati, OP (Pendamping DAY) menjelaskan perihal Persaudaraan DAY kepada Mgr. Robertus Rubiyatmoko (Uskup KAS), bersama Alex (Anggota DAY) saat proses Pemberian Endorsement Letter tanggal 2 Desember 2017
Adapun pertemuan rutin saat ini yang terjadwal adalah Studi setiap Kamis minggu kedua di ruang Nazareth Gereja Baciro dan Doa Harian (Ofisi) setiap Jumat minggu keempat di Biara Novisiat OP di Jl. Melati Wetan Yogyakarta. Bagi umat Katolik di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya yang ingin mengenal lebih dekat tentang Dominikan Awam dapat menghadiri doa harian (ofisi) yang diadakan setiap hari Jumat minggu keempat di Biara Novisiat OP Baciro.

0 comments:

Posting Komentar